Kamis, 21 Februari 2013

contoh teks Pidato teman :)

Diposkan oleh Dhila di 05.44

Dampak Penggunaan Facebook Bagi Kaum Pelajar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang terhormat Guru bidang Studi Bahasa  Indonesia
Dan teman-teman yang saya cintai
Salam sejahtera bagi kita semua,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur  kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan limpahan rahmat dan taufik-Nya  kepada kita semua sehingga dapat hadir di tempat yang sederhana ini. Tak lupa pula, Salawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Junjungan Nabi Besar  Muhammad SAW yang patut kita jadikan sebagai  suri teladan dalam mengarungi kehidupan di muka bumi.


Teman-teman yang saya banggakan,
Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang bertemakan Dampak Penggunaan Facebook Bagi Kaum Pelajar .
Sekarang ini penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online sudah begitu meluas bahkan mendunia. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dan lain-lain tanpa harus terhalang oleh jarak dan tempat . Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak fitur hiburan yang tersedia secara gratis. Diantaranya quiz, games, chat, dan masih banyak yang lainnya.
Bagi para pelajar yang hakikatnya  manusia biasa, facebook juga difungsikan sebagai ajang narsis biar eksis. Diantaranya dengan mengupload koleksi foto pribadinya, yang biasanya  merupakan hasil editan. Bagi yang tak suka narsis dan eksis biasanya lebih suka menggunakan avatar atau gambar binatang lucu untuk foto profilnya.
Namun sangat disayangkan tentunya, jika pengertian akan kegunaan facebook itu sendiri masih belum begitu bisa dipahami oleh sebagian dari kita ini. Padahal kita sebagai pelajar yang cerdas tentunya dapat menimbang atau pun  memilah-milah dampak positif maupun dampak negatif dari penggunaan facebook. Jika diperhatikan secara  garis besar facebook tentunya mempunyai dampak positif yang cukup banyak mempengaruhi perkembangan pribadi seorang pelajar, diantaranya :
1.      Facebook  dapat menambah wawasan pelajar tentang berita atau kabar yang sedang banyak dibicarakan.
2.      Facebook  membuat pelajar lebih tanggap dan komunikatif pada sekitarnya. Maksudnya, seorang pelajar dapat bertukar pikiran dan belajar dari perkataan orang, sehingga ia akan lebih tanggap terhadap perasaan temannya dan lebih mudah berbicara pada orang-orang disekitarnya.
3.      Selain mendapatkan teman baru, pelajar juga dapat mencari sahabat di dunia maya dan mendapatkan pasangan yang diinginkan.
4.      Siswa dapat menuliskan permasalahan yang dihadapi, yang kemudian dibaca oleh teman-temannya, sehingga dapat memunculkan ide-ide cemerlang dan dapat mengembangkannya.
5.      Pikiran siswa akan lebih terbuka dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di facebook.
6.      Mempererat silaturahmi, siswa bisa menemukan kembali orang – orang yang pernah dia kenal di masa lalu.
7.      Mengetahui potensi diri, dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa siswa sebenarnya. Namun, siswa juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur – unsur ramalan.
8.      Sarana diskusi, di facebook siswa bisa bergabung dengan berbagai komunitas /     grup.
9.      Tempat curhat, ketika siswa sedang mendapatkan masalah, siswa  tinggal mengupdate status facebooknya dengan masalah yang sedang kita hadapi,  jika ada orang yang peduli, orang tersebut akan memberi komentar yang isinya memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah.

Namun seperti kata pepatah “di mana ada gula di situ ada semut”, ada dampak positif tentu saja ada dampak negatifnya pula. Adapun dampak negatif dari penggunaan facebook bagi pelajar diantaranya :
1.      Membuat siswa menjadi malas belajar, tidak mengerjakan tugas,  karena selalu ingin tahu status teman-temannya.
2.      Lebih banyak waktu yang terbuang sia – sia untuk hal yang kurang bermanfaat.
3.      Boros. Artinya, siswa dapat menghabiskan uangnya untuk online berjam – jam.
4.      Menjadi ketergantungan dengan facebook.
5.      Kualitas pertemuan face to face dengan sesama anggota keluarga semakin berkurang, sehingga menimbulkan perasaan terabaikan.
6.      Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas, karena namanya dunia maya, dunia tanpa batas, sehingga siswa bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk.

Jadi teman-teman perlu kita ketahui bahwa dalam suatu perkembangan teknologi, tentunya akan membawa dua dampak yaitu positif dan negatif termasuk facebook. Intinya apa pun dampak yang akan mendominasi bagi diri kita sebagai pelajar nantinya, semua tergantung dari cara kita menyingkapinya. Saran saya, sebagai seorang pelajar kita harus pandai-pandai dalam mengatur waktu, agar aktivitas lainnya tidak terganggu terutama belajar.

Teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan,
Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia kali ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat membawa manfaat bagi kita semua. Akhir kata saya ucapkan, wabillahi taufik wal hidayah…

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Dhila Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos